Selasa, 22 April 2014

Info Lingkungan Hidup Perbaikan Cagar Alam dan Resapan Air

Dengan melihat kondisi alamnya yang sudah cukup memprihatinkan dan membahayakan bagi warga desa Cipete - Kabupaten Sukabumi dan ekosistem disekitar lereng Gunung Halimun Sukabumi, maka kami yang Putra Asli daerah tersebut merasa terpanggil dan dengan atas nama Yayasan Benteng Surya Nusantara yang kami dirikan ini dapat menjadi  wadah untuk penanganan perbaikan konservasi lingkungan di wilayah kawasan lereng Gunung Halimun. Selain itu, secara kultural kawasan Gunung Halimun juga dianggap sakral.

Dalam menyikapi tidak cukup distribusi untuk  menangani perbaikan  konservasi di kawasan lereng  Gunung Halimun, kami mengharapkan  dapat dilakukan upaya kerja sama dengan pihak-pihak Pecinta Lingkungan Hidup dan Instansi-instasi terkait yang sejalan dengan prinsip pengelolaan dan konservasi bentang alam. Judul untuk konservasi tersebut adalah “ “MENGEMBALIKAN FUNGSI HUTAN SEBAGAI CAGAR ALAM DAN RESAPAN AIR DI KAWASAN GUNUNG HALIMUN DENGAN PENATAAN DAN PERBAIKAN SALURAN TANGGUL IRIGASI DAN PENANAMAN 5000 POHON SEBAGAI BENTENG KAKI GUNUNG HALIMUN

Manfaat yang dapat dipetik adalah peningkatan luas saluran irigasi dalam pengairan, mencegak terjadinya longsor bila hujan turun, peningkatan kualitas konservasi bagi Hylobates moloch (Owa Jawa), Presbytis comata (Surili Jawa – Monyet Dunia Lama) dan Trachypithecus auratus (Lutung Budeng), obyek wisata bagi kampung Cipete dan  peningkatan ketahanan kawasan gunung Halimun terhadap gangguan, dll. keberadaan koridor ini juga mendukung diperlukannya suatu sistem pengelolaan regional yang mampu mengawasi keberjalanan konservasi di lokasi-lokasi yang saling berkaitan. Dengan begitu, pengelolaan dan konservasi bentang alam dapat dilakukan dengan lebih terpadu dan berkelanjutan.