Minggu, 13 April 2014

Proposal Santunan Anak Yatim/Piatu, Fakir Miskin dan Sunatan Massal 2014








“Meraih Berkah Dalam Indahnya Berbagi”
diajukan oleh:
YAYASAN BENTENG SURYA NUSANTARA
TAHUN 2014
 


Meraih Berkah Dalam Indahnya Berbagi

A.  Latar Belakang
Indahnya berbagi adalah salah satu ajaran Islam yang mengajarkan kepada para pemeluknya untuk saling membantu sesama saudaranya, terutama membantu yang sedang dalam keadaan kesusahan dan kesempitan hidup. Mereka yang kedaannya demikian itu di antaranya adalah anak- anak yatim/piatu dan fakir miskin
Anak-anak yatim/piatu di lingkungan kita, sebagian besar hidupnya dalam kesusahan dan kekurangan, karena kehilangan tulang punggung pencari nafkah dan figur orang tua dalam hidupnya. Mereka masih banyak yang tidak sanggup dalam menuntut ilmu dan tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Karena itu uluran tangan kita sebagai saudaranya tentu sangatlah berarti, tidak hanya dengan simpati, tapi perlu adanya tindakan nyata dengan memberi bantuan materil berupa harta benda. Adalah sangat berdosa bagi kita, apabila kita berdiam diri atas penderitaan mereka. Walaupun bantuan itu belum cukup memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya, akan tetapi paling tidak dapat memberikan semangat hidup bagi mereka, bahwa kita saudara-saudaranya masih mempunyai kepedulian terhadap mereka dan bisa menjalankan sunnah Rasulullah SAW, yaitu berkhitan.
Maka dengan ini, kami dari Yayasan Benteng Surya Nusantara yang berkedudukan di Jakarta, tepatnya di Jl. Bentengan I No. 20 RT. 001 RW. 005 Kel. Sunter Jaya Kec. Tanjung Priok Jakarta Utara 14350 men gajukan Proposal Pengumpulan Dana Santunan Untuk Anak Yatim/Piatu –Fakir Miskin dan Khitanan Massal ,  mengetuk hati kita semua untuk menyisihkan sebagian harta benda yang kita miliki untuk membantu meringankan beban hidup anak-anak yatim piatu, karena didalam harta kita sebagian ada hak untuk mereka.
 B.  Landasan Pemikiran
1.   Al-Qur'an:
أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ - فَذَلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ - وَلَا يَحُضُّ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِينِ.
 1.  Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? 2.  Itulah orang yang meng-hardik anak yatim, 3.  Dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.  (QS. Al-Ma'un:1-3)

 2. Hadits Nabi SAW:
قال رسول الله  صلى الله عليه وسلم: أنا وكافل   اليتيم  في الجنة هكذا وأشار بالسبابة والوسطى  (رواه البخارى و مسلم)
Rasulullah SAW bersabda: Aku dan penyantun anak yatim di dalam surga seperti ini, Rasulullah menunjukkan jari telunjuk dan tengah (berdampingan) (Hadits riwayat Imam Bukhari dam Imam Muslim)


C.   Tujuan
Tujuan Khitanan Massal dan Santunan anak yatim/piatu – Fakir Miskin ini adalah untuk:
1.       Melaksanakan Sunnah Rasulullah SAW yaitu berkhitan.
2.       Mensosialisasikan akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan.
3.       Membantu meringankan kehidupan anak yatim/ piatu dan fakir miskin.
4.        Memberikan  semangat dan motivasi bagi anak-anak yatim dalam menjalani kehidupannya.
5.       Mengaplikasikan dan memasyarakatkan ajaran infak dan sedekah di kalangan umat Islam.
6.        Meningkatkan syi'ar ukhuwah Islamiyah di wilayah pelaksanaan santunan yatim/piatu dan fakir miskin.
7.       Menumbuhkan kepedulian terhadap sesama.

D.  Tempat dan Waktu Kegiatan
Tempat pelaksanaan khitanan massal dan  santunan yatim piatu – fakir miskin ini adalah di Sekretariat Yayasan Benteng Surya Nusantara yang berkedudukan di Jakarta, tepatnya di Jl. Bentengan I No. 20    RT. 001 RW. 005 Kel. Sunter Jaya Kec. Tanjung Priok Jakarta Utara 14350

 Waktu Pelaksanaan: Minggu, 22 Juni 2014
Kegiatan : 1. Santunan Anak Yatim / Piatu dan Fakir Miskin sejumlah 5000 jiwa
                   2. Khitanan Massal sejumlah 100 anak

E.  Pendanaan
Sumber dana santunan anak yatim piatu – fakir miskin dan khitanan massal ini diharapkan dari infak, shodaqoh dan sumbangan dari para Donatur dan Dermawan khususnya  kaum muslimin dan muslimat yang ada di wilayah DKI Jakarta, dan wilayah lainnya, serta dari Lembaga-lembaga Sosial yang halal dan tidak mengikat.

F. RENCANA ANGGARAN BIAYA
Adapun anggaran dana yang dibutuhkan untuk kegiatan sosial ini, sebesar Rp. 1.837.792.000,-
(Satu milyar delapan ratus tiga puluh tujuh juta tujuh ratus Sembilan puluh dua ribu rupiah)
SALURKAN BANTUAN ANDA KE:
Rek Bank Syari’ah Mandiri a.n.
 YAYASAN BENTENG SURYA NUSANTARA
  no. Rek. 707.0817.847
(Mohon Konfirmasi sebelum dan sesudahnya).

“Barangsiapa yang mengerjakan amal shaleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, makasesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasankepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”
(QS. An Nahl:97).

     
G.     Penutup

Demikian Proposal ini kami sampaikan, semoga kita semua terketuk hatinya untuk ikut serta dalam berpartisipasi baik itu moril maupun materiel membantu santunan anak-anak Yatim piatu, Fakir Miskin dan Khitanan Massal yang kami selenggarakan. Tanpa dukungan dari  dari Bapak/Ibu/Saudara/i selaku Donatur dan Dermawan kegiatan mulia ini tidak berjalan, untuk itu kami sangat mengharapkan dukungannya guna kelancaran kegiatan ini.

Semoga Allah SWT membalas amal baik kita semua dengan balasan berlipat ganda, jazakumullah khayran katsiran.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Jakarta, 7 April  2014
PELAKSANA KEGIATAN
YAYASAN BENTENG SURYA NUSANTARA

                      Ttd                                                                                                                                     Ttd                                   
 Hadi Setiono                                                                                                                 Suparno                             
Ketua                                                                                                                                                      Sekretaris
Mengetahui:
 Ttd
 Didi Suryadi
Badan Pendiri